Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Memilih Menu Sahur Sehat

Sahur memang bukanlah hal yang wajib ketika berpuasa. Hanya saja, menu sahur rupanya juga memiliki andil besar terkait kelancaran saat puasa. Ketika perut kosong di tengah hari, ini tentu bisa menjadi suatu masalah tersendiri.

Bukan hanya bisa mengganggu aktivitas, tetapi juga bisa saja menimbulkan masalah kesehatan. Meski demikian, memilih menu sahur sebaiknya juga tidak asal mengenyangkan saja melainkan juga perlu memperhatikan apakah makanan tersebut sehat dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh selama berpuasa.

Tips Memilih Menu Sahur Sehat

Tips Memilih Makanan untuk Sahur

Memperhatikan makanan dan minuman dalam menu sahur menjadi hal penting untuk dilakukan supaya tubuh tetap bugar dan sehat ketika menjalankan ibadah puasa. Untuk itu ada beberapa tips dan kiat-kiat dalam memilih menu sahur yang sebaiknya tak terlupakan.

1. Pilih Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Anda sebaiknya memilih sumber karbohidrat kompleks dalam menu sahur supaya tubuh bisa terasa kenyang lebih lama, seperti nasi merah, sereal, roti gandum, ataupun oatmeal. Beberapa makanan tersebut tak hanya mengandung karbohidrat kompleks tetapi juga kaya akan serat yang berguna untuk mengatur pelepasan energi secara perlahan sehingga tubuh juga tak mudah lemas saat berpuasa.

2. Cukupi Asupan Protein

Makanan kaya protein sebaiknya tak terlewat masuk dalam menu sahur Anda. Protein ini berguna sebagai cadangan energi sehingga dengan mencukupi asupan protein maka tubuh bisa terasa lebih bugar dan tak mudah lemas. Beberapa contoh makanan kaya protein yang bisa Anda konsumsi saat sahur antara lain ayam, ikan, daging, telur, serta berbagai jenis kacang-kacangan.

3. Perbanyak Buah dan Sayur

Banyak orang tidak memasukkan buah dan sayur dalam menu sahur mereka. Padahal, kedua makanan ini penting dikonsumsi saat sahur. Sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang pastinya dibutuhkan tubuh. Sedangkan buah kaya akan serat yang berfungsi supaya bisa kenyang lebih lama.

4. Tak Terlalu Banyak Konsumsi Gorengan

Ketika makan sahur, Anda sebaiknya meminimalisir konsumsi gorengan karena bisa memicu radang tenggorokan. Selain itu, gorengan biasanya digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang kaya lemak trans dan pastinya tak baik bagi tubuh.

5. Minimalisir Makanan Pedas dan Bersantan

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih menu sahur adalah hindari atau setidaknya minimalisir sejumlah makanan yang pedas dan bersantan karena keduanya sulit dicerna dengan baik sehingga bisa memicu asam lambung. Selain itu, makanan pedas dan bersantan juga bisa mengiritasi lambung, menimbulkan gangguan pencernaan, serta lainnya.

6. Hindari Makanan Instan

Waktu sahur mungkin tak cukup lama. Namun, ini bukan alasan untuk memilih berbagai makanan instan dalam menu sahur Anda. Makanan instan kebanyakan hanya bisa membuat kenyang sementara. Selain itu, kandungan bahan pengawet yang ada di dalam berbagai makanan instan tentu kurang sehat bagi tubuh.

selain memilih makanan yang sehat dalam menu sahur, pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup supaya tubuh pun terhidrasi dengan baik meski berpuasa seharian. Anda bisa mencoba menerapkan aturan konsumsi air putih ketika berpuasa dengan cara:

1 gelas saat bangun sahur
1 gelas sesudah makan sahur
2 gelas saat berbuka puasa
2 gelas sebelum shalat tarawih
2 gelas sebelum tidur

Memilih menu sahur memang gampang-gampang susah. Pastikan Anda memilih menu makanan yang sehat dan kaya nutrisi supaya Anda pun tetap sehat dalam beraktivitas serta menjalankan ibadah puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *