Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Mengelola Keuangan UMKM dengan Baik dan Benar

Mengelola keuangan dalam sebuah bisnis adalah hal yang sangat penting. Meski terlihat membosankan tapi kondisi keuangan bisnis dapat menjadi tolak ukur apakah sebuah usaha mendapatkan keuntungan atau malah sebaliknya.

Keuangan adalah jantung dalam setiap bisnis. Sebab setiap pergerakan yang ada selalu ditinjau dari sudut finansialnya.

Jadi manajemen keuangan akan sangat penting untuk dapat menentukan langkah yang akan diambil kedepannya oleh setiap pelaku usaha.

Tips Mengelola Keuangan UMKM dengan Baik dan Benar

Tips Mengelola Keuangan yang Benar

Mengelola dan mengendalikan keuangan dengan baik dan benar akan membuat sebuah usaha akan terus maju dan berkembang. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan.

1. Uang pribadi dan uang bisnis harus dipisahkan

Banyak pengusaha yang berpikir jika usaha mereka masih kecil jadi tidak masalah mencampurkan uang untuk usaha dengan pribadi.

Padahal ini adalah kesalahan yang terjadi pada bisnis yang baru saja ingin berkembang.

Menggabungkan uang pribadi dan bisnis akan membuat para pelaku bisnis jadi kebingungan mana uang yang akan digunakan untuk kepentingan pribadi dan mana uang untuk pengeluaran bisnis.

Bahkan, hal ini juga akan membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk menggunakan uang hasil usaha demi memenuhi kebutuhan sendiri.

Jadi sebagai seorang pebisnis yang baru saja ingin memulai bisnis UMKM, ada baiknya pisahkan uang pribadi dan uang usaha supaya mencegah Anda menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadi.

2. Bijak dalam menganggarkan pengeluaran

Dengan melakukan perencanaan keuangan tentunya akan sangat penting untuk kelangsungan sebuah bisnis.

Tanpa perencanaan yang matang, mungkin Anda tidak akan tahu berapa uang yang akan dikeluarkan nantinya.

Bahkan, jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda juga harus membuat rencana anggaran supaya dapat terealisasi dengan baik.

jika perencanaan kurang terperinci dapat membuat pengeluaran jauh lebih besar sehingga tidak terkontrol dengan baik.

Sebisa mungkin hindari pengeluaran yang tidak perlu jika Anda ingin usaha Anda maju. Buat daftar skala prioritas dan anggaran terlebih dahulu karena ini sangat menentukan bisnis yang Anda kembangkan.

3. Melakukan pencatatan transaksi keuangan

Sebagian pelaku UMKM beranggapan jika pencatatan transaksi keuangan sangat memusingkan kepala.

Jadi mereka hanya mengandalkan ingatan yang ada untuk semua transaksi yang dilakukan. Padahal, pencatatan transaksi ini sangat penting dalam sebuah bisnis.

Jika semua pengeluaran dan pemasukan dicatat dengan baik dan terperinci tentu Anda akan dengan mudah melakukan analisis terhadap pergerakan keuangan bisnis Anda.

4. Perhatikan arus kas

Jangan terlalu fokus pada keuntungan tapi fokuslah pada arus kas seperti hutang, piutang dan juga persediaan.

Anda harus hitung ketiganya dengan sangat hati-hati dan seimmbang. Memiliki hutang yang belum Anda bayarkan, piutang yang belum dibayarkan tentu akan mengganggu kelangsungan dari bisnis Anda.

Jadi sebaiknya kontrol arus kas dan awasi dengan baik. Harus ada keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan supaya semuanya lebih seimbang.

Mengelola keuangan sangat penting dalam kemajuan sebuah usaha. Semakin berkembang usaha yang dijalankan akan semakin rumit mengatur keuangan tersebut.

Anda juga harus pertimbangkan segala sesuatunya dengan baik. Jangan lupa selalu catat semua transaksi yang ada, lakukan analisa kemudian mengatur keuangan tersebut dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya