Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Traveling; Perhatikan Syarat-Syarat di Daerah Tujuan Sebelum Perjalanan

Masa pandemi corona pastinya memberikan banyak perubahan pada kehidupan keseharian, termasuk bagaimana prosedur yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin bepergian ke suatu tempat.

Melakukan perjalanan ke daerah lain pastinya tak semudah sebelumnya karena ada sejumlah syarat dan ketentuan perjalanan yang berlaku yang harus dipenuhi oleh siapapun yang akan bepergian.

Tips Traveling; Perhatikan Syarat-Syarat di Daerah Tujuan Sebelum Perjalanan

Syarat-Syarat di Daerah Tujuan sebelum Melakukan Traveling

Melakukan perjalanan terutama yang menggunakan moda transportasi umum di masa pandemi seperti sekarang tentu tak semudah sebelum-sebelumnya yang mana saat ingin pergi bisa tinggal langsung jalan.

Saat ini untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, ada sejumlah persyaratan yang diajukan daerah tempat tujuan dan ini harus dipenuhi calon penumpang.

Tentunya, sebagai calon penumpang hendaknya mematuhi dan memperhatikan syarat dan ketentuan terkait tentang sejumlah dokumen perjalanan. Hal ini akan lebih memudahkan bagi calon penumpang ketika mereka tiba di daerah tujuan nantinya.

Para calon penumpang moda transportasi udara harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang memang dipersyaratkan oleh masing-masing daerah tujuan. Adapaun dokumen perjalanan yang dibutuhkan antara lain:

  • Surat keterangan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang menunjukkan hasil tes negatif dan berlaku selama 7 hari ataupun surat keterangan uji rapid test dengan hasil menunjukkan non reaktif yang berlaku selama 3 hari
  • Surat tugas dari kantor ataupun instansi terkait
  • Surat pernyataan perjalanan
  • KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah
  • Dokumen penunjang perjalanan lainnya

Selain memperhatikan beberapa persyaratan di atas, calon penumpang sebaiknya juga menyiapkan kelengkapan dokumen asli ketika melakukan check in.

Meski masing-masing maskapai pun memiliki kebijakan dan ketentuan masing-masing, dengan mempersiapkan dari awal akan lebih memudahkan ketika dibutuhkan.

Selain itu, calon penumpang juga hendaknya mengakses laman resmi Pemda setempat yang merupakan daerah tujuan perjalanan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini untuk lebih memastikan dokumen perjalanan apa saja yang perlu disiapkan sebagai syarat-syarat di daerah tujuan.

Sebagian orang mungkin merasa bahwa melakukan perjalanan di era pandemi seperti saat ini cukup rumit karena ada banyak syarat dan ketentuan baik dari daerah asal ataupun tujuan.

Misalnya saja masyarakat dari Jakarta ketika ingin melakukan perjalanan ke daerah lain, mereka tak hanya diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat dari daerah yang akan dituju melainkan juga harus memiliki SIKM (Surat Ijin Keluar Masuk) wilayah DKI Jakarta.

Hal-hal semacam ini sangat penting diperhatikan sehingga perjalanan yang dilakukan pun bisa berjalan lancar dan aman.

Pandemi corona belum berakhir meskipun saat ini telah memasuki tahapan transisi new normal. Siapapun yang ingin melakukan perjalanan tak hanya harus memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan seperti melengkapi dokumen perjalanan tetapi juga harus tetap harus memperhatikan protokol pengamanan kesehatan diri seperti tetap jaga jarak, memakai masker, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now