Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Waspada, Dampak Negatif Makan Gorengan Saat Berbuka

Goreng memang menjadi salah satu jenis cemilan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan penjualnya pun cukup menjamur dan begitu mudah ditemukan di pinggir jalan. Tidak hanya dikonsumsi sebagai cemilan, gorengan pun juga sering menjadi pilihan menu berbuka.

Namun tunggu dulu, bagi Anda yang gemar mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa maka waspadalah terhadap dampak negatifnya bagi tubuh. Ingin tahu apa saja dampak gorengan bagi tubuh? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Waspada, Dampak Negatif Makan Gorengan Saat Berbuka

4 Bahaya Konsumsi Gorengan Saat Berbuka yang Harus Diketahui

Saat berbuka puasa, maka memang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makan yang sifatnya cukup ringan (bukan makanan berat). Alhasil gorengan pun tidak jarang menjadi pilihan menu berbuka. Selain cukup ringan, harganya dan varian jenisnya pun beragam. Namun sebaiknya jangan terlalu sering untuk menjadikan gorengan sebagai menu berbuka puasa. Pasalnya ada beberapa bahaya yang mengintai seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Menimbulkan Penyakit Maag

Tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa penyakit maag dapat terjadi karena adanya aktivitas asam lambung yang berlebihan. Pemicu aktivitas asam lambung tersebut dapat berasal dari mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi. Sementara itu gorengan termasuk jenis makanan yang memiliki kadar lemak tinggi. Alhasil tidak heran jika mengonsumsi gorengan di saat berbuka, maka akan dapat menimbulkan penyakit maag.

2. Bahaya Kolesterol Tinggi

Istilah kolesterol tinggi barangkali tidak asing lagi didengar. Kadar kolesterol tinggi ini menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit mematikan, seperti stroke dan penyakit jantung. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu, hindari untuk mengonsumsi gorengan di saat berbuka. Pasalnya gorengan memiliki kadar lemak jenuh yang dapat memicu meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Rentan dengan Penyakit Kanker

Bahaya ketiga yang juga perlu diketahui jika mengonsumsi gorengan di saat berbuka adalah rentan dengan penyakit kanker. Kanker sejatinya merupakan salah satu jenis penyakit mematikan dan bahkan terkadang tidak memiliki indikasi di awal kemunculannya. Pengonsumsian gorengan secara berlebihan di waktu berbuka dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Sebab terkadang gorengan dibuat dengan menggunakan minyak “kotor” yang notabene mengandung senyawa pemicu kanker.

4. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Pengonsumsian gorengan di saat berbuka puasa juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kesulitan untuk BAB. Hal ini terjadi disebabkan kandungan lemak yang cukup tinggi yang ada pada gorengan.

Setelah memperhatikan penjelasan tadi, maka seharusnya Anda mulai sadar dan mengurangi pengkonsumsian gorengan di saat berbuka. Masih ada jenis makanan lain yang lebih sehat dan dapat dijadikan pilihan berbuka puasa. Demikianlah, semoga informasi seputar bahaya konsumsi gorengan di saat berbuka ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *