Manfaat Menggunakan Aplikasi Tagihan Listrik PLN

aplikasi-tagihan-listrik-pln

Ketika menikmati banyak peralatan rumah tangga yang ada, baik itu blender, rice cooker, kipas angin, lampu, AC, kulkas dan sebagainya kita memerlukan listrik untuk menyalakannya. Saat ini kita dapat merasakan pelayanan listrik dari PLN dengan dua cara, yaitu prabayar dan pascabayar. Untuk prabayar kita harus melakukan pengisian token terlebih dahulu untuk dapat menggunakan listrik. Kemudian pascabayar adalah layanan listrik dimana sistem pembayarannya dilakukan sebulan sekali yang berbentuk tagihan. Kini kita tidak perlu lagi datang ke kantor PLN untuk membayar tagihan tersebut. Cukup menggunakan aplikasi tagihan listrik PLN yang ada pada ponsel.

Perkembangan teknologi memang semakin pesat, sehingga dapat membantu kita dalam menyelesaikan berbagi pembayaran termasuk tagihan listrik bulanan. Kita tentu tidak bisa menolak perkembangan ini. Yang ada kita juga harus ikut memanfaatkannya untuk mendapatkan manfaat yang diberikan. 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Tagihan Listrik PLN

Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Bukan hanya untuk berkomunikasi tetapi juga untuk melakukan kegiatan lain, seperti belajar, bekerja, jual-beli dan banyak lagi. Seakan banyak hal yang dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman. Kini pembayaran tagihan PLN pun dapat dilakukan menggunakan ponsel yang dimiliki. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi tagihan listrik PLN, yaitu:

1. Lebih praktis

Manfaat pertama yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi tagihan listrik PLN, baik untuk cek ataupun pembayaran yaitu lebih praktis. Transaksi hanya dilakukan dengan menggunakan ponsel sehingga tidak akan terlalu ribet. Disamping itu langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan.

2. Lebih aman

Jika dibandingkan dengan pembayaran dengan menggunakan uang cash, pembayaran listrik dengan menggunakan aplikasi tentunya lebih aman. Karena tidak akan menjadi perhatian orang, seperti ketikan membayar dengan uang cash dan harus melakukan perjalanan menuju tempat pembayar. 

3. Lebih cepat

Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi tagihan listrik hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik saja. Hal ini tentunya lebih cepat dari pada harus melakukan pembayaran secara langsung. Dan tentunya tidak perlu mengantri yang membuang banyak waktu. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi yang memiliki kesibukan yang sangat padat. Karena tetap dapat dilakukan disela-sela kesibukan tersebut tanpa memakan waktu yang banyak.

4. Dapat membantu mengurangi peredaran uang palsu

Salah satu manfaat yang berdampak besar yaitu dapat membantu mengurangi peredaran uang palsu. Kita tahu bahwa uang palsu tentu tidak memiliki nilai jual. Hal ini bukan hanya akan merugikan secara individu saja, tetapi bahkan secara nasional. Seperti terjadinya kesenjangan sosial yang semakin parah dan juga kemungkinan terjadinya inflasi.

5. Hemat biaya

Menggunakan aplikasi tagihan listrik PLN baik untuk mengecek atau membayarnya dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Jika hanya mengecek maka tidak akan dikenakan biaya. Sedangkan untuk pembayaran tagihan biaya admin yang dikenakan lebih murah. Bahkan terkadang aplikasi akan memberikan diskon yang dapat membuat harganya menjadi lebih murah. Disamping itu juga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk melakukan perjalanan menuju tempat pembayaran tagihan.

6. Hemat waktu dan tenaga

Ketika menggunakan aplikasi tagihan listrik maka kita dapat menghemat waktu dan tenaga secara bersamaan. Cukup lalukan pembayaran dengan menggunakan ponsel hanya dalam hitungan detik transaksi sukses dilakukan. Tentunya tidak akan membuang banyak waktu dan juga tenaga.

Rekomendasi Aplikasi Bayar Tagihan Listrik PLN

Saat ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur pembayaran yang murah dan menguntungkan. Namun kita harus hati-hati ketika melakukan pemilihan. Jangan asal-asalan instal aplikasi yang kita tidak ketahui dengan baik. Karena saat ini kejahatan digital semakin marak terjadi dan sangat sulit untuk dihindari. Bisa saja kita akan sadar ketika uangnya sudah lenyap. Berikut ini aplikasi tagihan listrik PLN yang dijamin aman, yaitu:

  • PLN Mobile

Aplikasi ini resmi dari pihak PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyaratkat. Baik itu untuk pembayaran, permintaan pemasangan baru, menaikan daya atau perbaikan. Kita dapat mengunduh aplikasi ini dari App Store atau Google play.

Ini adalah sebuah distributor pulsa dan PPOB yang dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan listrik bulanan. Tentunya aplikasi ini sangat aman digunakan, karena telah memiliki legalitas yang jelas. Selain dapat memenuhi kebutuhan pribadi, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk memulai usaha. Dengan mendaftar menjadi mitra kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Sehingga ketika menjual kembali produk yang tersedia, keuntungan yang didapatkan akan lebih besar.

  • Mobile Banking

Aplikasi mobile banking ini dapat dimanfaatkan ketika sudah memiliki akun rekening di bank yang diinginkan. Baru kemudian dapat menikmati layanan yang ada. Salah satunya yaitu membayar tagihan listrik PLN. 

  • Aplikasi e-wallet

E-wallet atau dompet digital memiliki fungsi yang hampir sama dengan dompet pada dunia nyata yaitu menyimpan sejumlah uang untuk memudahkan pembayaran. Kita juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membayar tagihan atau membeli token listrik. Contoh aplikasinya seperti Dana, Link Aja, Ovo, Go Pay dan sebagainya. Pastikan memilih yang sudah memiliki izin dari pihak yang berwenang seperti OJK atau BI.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi tagihan listrik PLN baik untuk mengecek atau melakukan pembayaran dengan mudah dan aman. 

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?